RSS

Senin, 09 Juni 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2013

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           
            Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut Permendikbud No. 65 Tahun 2013 adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Setiap pendidik berkewajiban untuk menyusun RPP agar pembelajara berlangsung secara efisien dan sistematis yang didalamnya memuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian.
            Adapun komponen yang terkandung dan perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP adalah sebagai berikut.
                     1.      Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi inti (KI) dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan yaitu sikap sosial, pengetahuan, dan penerapan pengetahuan. Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan dan penerapan pengetahuan. Kompetensi inti telah ditetapkan oleh Negara yang bersifat “given” yaitu tidak dapat diubah.
2.      Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Contoh dari kompetensi dasar misalnya:
a.     
Merasakan                                         -->         bersyukur
b.     
Menunjukkan                                      -->        berkarya
c.     
Menunjukkan rasa ingin tahu           -->        bertanya jawab
d.      Mengenal pola       
3.      Indikator
Indikator merupakan bagian dari RPP yang dapat diubah dan disesuaikan dengan kondisi siswa dalam kegiatan pembelajaran sebagai bentuk pencapaian KD. Indikator bersifat operasional, jelas dan dapat diukur. Hal-hal yang termuat dalam indikator hendaknya berisikan tentang sesuatu yang diharapkan dalam peningkatan  kemampuan siswa, seperti peningkatan kognitif, afektif, dan psikomotor.
4.      Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan hal-hal atau pernyataan yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, baik itu mencakup pengetahuan, sikap, maupun keterampilan.
5.      Materi Pembelajaran
Materi yang hendak digunakan harus mempertimbangkan potensi peserta didik, relevansi dengan karakteristik daerah, tingkat perkembangan fisik, intelektual, dan sosial, relevansi dengan kebutuhan siswa dan alokasi waktu. Semua itu harus dipertimbangkan agar dapat menunjang pencapaian KD dan tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
6.      Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga siswa dapat mencapai KD yang diharapkan.
7.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media, alat, dan sumber pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa mencari informasi, yang dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.
8.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Dalam langkah kegiatan pembelajaran berisikan kegiatan awal atau pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada kegiatan awal atau pendahuluan dapat berupa pemberian salam, doa, absensi, dan apersepsi (guru menggali pengetahuan awal siswa). Pada kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang berisikan tentang kegiatan siswa diantaranya mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengkomunikasikan dan lain sebagainya. Sedangkan pada kegiatan penutup guru bersama-sama dengan siswa merangkum atau menyimpulkan materi yang telah diajarkan.
9.      Penilaian
Penilaian dilakukan dengan menggunakan test atau non test, pengamamatan kinerja, pengukuran sikap, maupun penilaian hasil kerja yang telah dilakukan oleh siswa sebagai hasil pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar