RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama
Sekolah : SD. No.
.....................
Kelas/Semester : V / 1
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Alokasi Waktu :
1 x pertemuan (2 x 35 menit)
B. Standar Kompetensi
:
Mengapresiasikan karya seni musik
C. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
berbagai lagu daerah Nusantara
D. Indikator : 1. Menyebutkan ragam
lagu daerah Nusantara
2.
Menjelaskan makna lagu daerah
Nusantara
E. Tujuan Pembelajaran
:
1. Setelah membaca buku ajar dilanjutkan dengan
diskusi kelompok, akhirnya siswa dapat menyebutkan ragam
lagu daerah nusantara.
2. Setelah mengkaji lagu daerah
Nusantara pada buku ajar dilanjutkan dengan diskusi kelompok, akhirnya siswa
dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam lagu daerah Nusantara.
3. Melalui kegiatan
individu siswa dapat menyanyikan beberapa lagu daerah nusantara.
F. Karakter Siswa yang Diharapkan Berkembang
a.
Berani (audacious)
b.
Tanggung Jawab (responsibility)
c.
Disiplin (discipline)
d.
Mengembangkan Rasa Ingin Tahu
e.
Tekun dan Gemar membaca (diligence)
f.
Kreatif dan Menghargai Prestasi Orang Lain
G. Materi : Ragam Lagu Daerah Nusantara
Hampir seluruh daerah di
Nusantara memiliki lagu daerah. Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari
daerah dan berkembang di seluruh derah di Indonesia. Syair lagu daerah berisi
gambaran tingkah laku masyarakat setempat secara umum. Bahasa yang digunakan
adalah bahasa daerah setempat. Teknik ucapan harus dibawakan sesuai dengan
dialek bahasa daerah setempat. Bentuk dan pola susunan melodi sederhana
sehingga mudah untuk segera di kuasai oleh semua lapisan masyarakat.
Contoh-Contoh Lagu Derah
Nusantara
No
|
Nama Derah
|
Judul Lagu
|
1.
|
Nanggroe
Aceh Darussalam
|
1. Piso Surit
2. Bungong Jeumpa
|
2.
|
Sumatera
Utara (Tapanuli)
|
1. Medekdek Magambiri
2. Lisoi
3. Butet
4. Sinanggar Tulo
5. Anju Ahu
|
3.
|
Sumatera
Timur (Palembang)
|
1. Injit-Injit semut
2. Pinang Muda
|
4.
|
Sumatera
Barat
|
1. Ayam Den Lapeh
2. Rambang Bungo
3. Malam Baika
|
5.
|
Jawa
Barat
|
1. Manuk Dadali
2. Bubuy Bulan
3. Tokecang
|
6.
|
Jakarta
|
1. Kicir-Kicir
2. Jali-Jali
3. Ronggeng
4. Keroncong Kemayoran
|
7.
|
Jawa
Tengah
|
1. Suwe ora jamu
2. Lir-Ilir
3. Mentog-mentog
4. Gambang Suling
5. Gundul Pacul
|
8.
|
Kalimantan
|
1. Ampar-ampar pisang
2. Cik-cik Periuk
3. Tumpi Wahyu
4. Palu Lempang
5. Sapu Tangan Bapunco Ampat
|
9.
|
Sulawesi
Utara
|
1. Si Patokan
2. O Inani Keke
3. Tahanusangkara
|
10.
|
Maluku
|
1. Burung Tantina
2. Burung Kakaktua
3. Ayo Mama
4. Tanase
5. Waktu Hujan Sore-Sore
|
11.
|
Madura
|
1. Karapan Sapi
2. Tanduk Majeng
|
12.
|
Irian
|
1. Yamko Rambe Yamko
2. Apuse
|
13.
|
Nusa
Tenggara
|
1. Bolelebo
2. Moree
3. Tutu Koda
|
14.
|
Bali
|
1. Ratu Anom
2. Janger
3. Meyong-Meyong
|
H. Metode yang Digunakan
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Penugasan
I. Kegiatan Belajar
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Mengucapkan salam
b.
Berdoa bersama
c.
Absensi
d.
Menyiapkan berbagai media seperti buku sumber, alat
tulis,dll.
e.
Guru
mengajukan pertanyaan tentang lagu daerah yang ada di daerahnya.
f.
Siswa menanggapi pertanyaan dari guru berdasarkan
pengetahuan yang telah mereka miliki.
g.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
h.
Guru menyuruh siswa membentuk kelompok belajar.
2. Kegiatan Inti (50 menit)
1)
Eksplorasi
a.
Siswa ditugaskan untuk menyanyikan lagu daerah yang ada
di daerahnya bersama-sama.
b.
Siswa membaca dan mengkaji materi (teori) tentang lagu
daerah Nusantara yang ada di buku sumber.
2)
Elaborasi
a. Siswa mencatat dan membaca kembali beberapa hal yang
dipandang penting tentang hasil eksplorasinya untuk bahan diskusi.
b. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan
lagu daerah Nusantara yang berbeda.
c. Siswa
ditugaskan menyusun laporan hasil diskusi.
d. Siswa melaporkan hasil diskusi kelompoknya
dilanjutkan dengan menyanyikan lagu daerah yang dipilih sedangkan siswa yang lain memberikan respon terhadap
hasil kerja kelompok temannya.
3)
Konfirmasi
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
b. Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
c. Guru memfasilitasi siswa untuk merefleksi dan merevisi
hasil eksplorasinya yang masih salah untuk mendapatkan suatu
konsep/keterampilan yang benar.
3. Kegitan Penutup (10 menit)
a.
Guru bersama siswa merangkum hasil kegiatan belajar
yang telah dilakukan.
b.
Guru memberikan evaluasi/melakukan refleksi tentang
hasil dan proses pembelajaran yang telah terjadi.
c. Guru memberikan tindak lanjut dalam bentuk
memberikan tugas rumah kepada
siswa. Memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang dipandang memerlukan.
d.
Guru mengakhiri kegiatan, dengan menyampaikan bahan
belajar untuk pertemuan berikutnya.
J. Sumber Belajar dan Media/Alat Peraga
1. Sumber Belajar: Buku
Paket Seni Budaya dan Keterampilan Kelas V, Buku Kumpulan
Lagu Daerah
2. Media/Alat Peraga : -
K. Penilaian
Penilaian meliputi proses dan hasil (instrument terlampir).
0 komentar:
Posting Komentar